Pengertian Jenis, Fungsi dan Sistem Tentang Kurs Valuta Asing Lengkap

Valuta Asing - Pada dasarnya sebagian orang sudah pasti mengerti istilah kurs, hmm tidaklah asing di dengar bukan, namun ternyata pemahaman akan pengertian kurs ini sering disalahpahami oleh kebanyakan orang. Kurs secara umum yaitu nilai atau nominal currency/mata uang sebuah negara yang diukur atau dinyatakan dalam sebuah mata uang negara lain, dapat menjadi alat tukar menukar barang dan jasa antar negara membuat kurs ini sangat berpengaruh bagi bisnis dalam perniagaan internasional seperti ekspor dan impor. Lalu yang dimaksud dengan kurs valuta asing apa? Mari simak ulasan berikut.


Apa Sih Kurs Valuta Asing?

Seperti tulisan diatas kurs yaitu merupakan harga atau nilai sebuah mata uang suatu negara yang diukur oleh mata uang luar negeri/mata uang asing ketika berbelanja ataupun membeli sebuah barang di luar negeri. Garis besarnya, kurs merupakan nilai tukar. Sedangkan valuta asing merupakan nilai mata uang sebuah negara.


Valuta Asing

Jadi dalam hal ini bisa dicontohkan seperti berikut, nilai tukar mata uang (Rupiah) Indonesia merupakan nilai dari 1 mata rupiah yang ditranslasikan ke dalam mata uang negara lain, misalkan Euro Italia. dengan kata lain kurs menunjukkan perbandingan antara nilai dua mata uang yang berbeda.


Sistem Kurs Valuta Asing

Ada beberapa jenis metode yang dilakukan oleh pemerintah dalam hal menentukan nilai tukang mata uang asing.


 Fixed Exchange Rate (Sistem Kurs Tetap)

Fixed Exchange Rate atau Sistem kurs tetap ialah sebuah kondisi nilai tukar mata uang domestik ditentukan oleh pemerintah. Agar supaya pemerintah melakukan berbagai langkah serta kebijakan untuk mengatur nilai  mata uang akan harga tertentu. Segala fluktuasi pergerakan harga dapat diredam oleh pemerintah atau bisa disebut diintervensi.

Sistem ini berlaku kurs valas ditetapkan oleh bank sentral yang secara aktif terlibat pada setiap transaksi. Namun, instansi bank tidak dapat merubah kurs sendiri karena ada pihak keterkaitan dengan pemerintah. Jika bank tidak dapat memenuhi standar dan menyimpang akan diberikan sanksi.

Floating Exchange Rate Sistem (Kurs Bebas/Mengambang)

Floating Exchange Rate Sistem atau biasa disebut kurs bebas/mengambang adalah mekanisme pembuatan kurs tersendiri dari suatu permintaan dan penawaran dari mata uang asing, sehingga pemerintah tidak ikut campur dalam menentukan kurs money changer yang akan ditukar. 

Pada metode sistem ini, besaran nilai tukar diserahkan pada mekanisme pasar. Rendah dan tingginya mata uang ditentukan oleh tingkat permintaan dan penawaran mata uang itu sendiri. 

Floating Exchange Rate (Sistem Kurs Mengambang Terkendali atau Terkontrol)

Floating Exchange Rate atau Sistem kurs terkendali merupakan sistem dimana pemerintah dan pasar sama-sama memiliki kebebasan dalam menentukan nilai tukar mata uang asing. Sehingga nilai tukar dapat bergerak bebas naik atau turun. Fungsi pemerintah disini adalah untuk menghindari gejolak yang tajam.

Hal yang dilakukan pemerintah seperti :


  • Mengambang Kotor (Dirty Floating)

Pemerintah bertindak intervensi langsung dengan menjual atau membeli valuta asing.


  • Mengambang Bersih (Clean Floating)

Pemerintah bertindak intervensi secara tidak langsung, misal dengan mengatur suku bunga.


Mata uang asing
Money Changer

Fungsi Valuta Asing


  • Alat Tukar dan Pembayaran Internasional

Tentu saja, ini kurs (nilai tukar) valuta asing menjadi alat tukar internasional. Valas (valuta asing) digunakan sebagai alat dalam melakukan tukar menukar barang atau jasa dengan negara lain. Contohnya, Indonesia mengimpor barang textile dari Tiongkok,  maka orang Tiongkok harus dibayar dengan dollar karena tidak akan mau jika dibayar dengan rupiah. 

  • Alat Pengendali Kurs

Kurs mata uang suatu negara seringkali mengalami pergolakan. Dengan mekanisme tingkat penggunaan suatu Valas tertentu, sebuah negara bisa mengendalikan nilai tukar mata uang mereka dengan lebih mudah. Contohnya, dengan adanya kurs Rupiah ke Dollar, maka dapat diketahui bahwa nilai tukar rupiah semakin naik atau semakin turun. Pada konteks ini, kurs dijadikan patokan untuk mengendalikan nilai mata uang suatu negara.

  • Alat Memperlancar Perdagangan Internasional 

Dengan adanya kurs Valas (valuta asing), setiap negara di seluruh dunia dapat dengan mudah melakukan jual beli tanpa terkendala mata uang di negara masing-masing. 

Jenis Kurs Valuta Asing

  • Kurs Jual

Harga yang diberikan oleh bank atau pedagang valuta asing kepada seseorang yang ingin membeli mata uang asing.

  • Kurs Beli

Harga yang diberikan oleh bank atau pedagang valuta asing kepada seseorang yang ingin menukarkan mata uang asing.

  • Kurs Tengah

Harga yang diberikan oleh bank atau pedagang valuta asing antara kurs jual dan  kurs beli (penjumlahan kurs beli dan kurs jual yang dibagi dua).

Perhitungan Kurs Valuta Asing

Suatu hari Andi mendapat Job dalam pekerjaannya, yaitu liputan berita ke negara Amerika Serikat. Dia memperoleh insentif dari layanan dengan biaya perjalanan sebesar Rp.66.100.500,-


Pada saat ini, nilai tukar yang berlaku adalah

  • Kurs Jual Rp.14,689 per US $ 1
  • Kurs Beli Rp.14,542 per US $ 1


Jadi, berapakah jumlah uang insentif yang diterima Andi dalam nilai dollar?

Jika Andi akan menukarkan uang rupiah di money changer jakarta ke dolar, jadi perhitungan yang digunakan ialah perhitungan kurs jual. Jadi, uang Andi dalam bentuk dollar yaitu sebesar:

  • Rp.66.100.500 : Rp 14,689 = US$ 4,500


Sementara di Amerika, Andi menggunakan uangnya hanya US $ 3.000. Dan setelah kembali dari Amerika, Andi berencana untuk menukar sisa uang dengan rupiah. saat itu kurs yang berlaku yaitu kurs jual Rp.14,689 per US $ 1 dan kurs beli Rp.14,542 per US $ 1.


Berapa rupiah yang akan diterima oleh Andi?

Sekarang sisa uang Andi adalah sebesar US$4,500 – US$ 3,000 = US$ 1,500. Bila Andi akan menukarkan uang dollar ke rupiah, jadi perhitungan yang digunakan yaitu perhitungan kurs beli. Jadi, sisa uang yang dimiliki Andi dalam mata uang rupiah adalah sebesar: US$1,500 x Rp.14,542 = Rp.21.813.000,-



Jadi jika anda merupakan seorang pelaku usaha yang melakukan transaksi jual atau beli antar negara, tentu harus selalu update mengenai nilai kurs valuta asing real time. Demikianlah Pengertian Jenis, Fungsi dan Sistem Tentang Kurs Valuta Asing Lengkap, dan pengaruhnya terhadap perkembangan bisnis. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi semua.


0 Response to "Pengertian Jenis, Fungsi dan Sistem Tentang Kurs Valuta Asing Lengkap"